Penetapan Harga Khusus, Pendekatan yang berorientasi pada biaya. Penetapan harga pulang pokok merupakan pendekatan yang berorientasi pada biaya untuk menetapkan harga. Dasar perhitungannya adalah sebagai berikut : (Unit-unit) pulang pokok = Total Biaya Tetap / Harga perunit-biaya variable perunit.
Metode popular lainnya dalam penetapan harga adalah penetapan harga biaya plus. Teknik ini menggunakan biaya sebagai dasar perhitungan harga jual. Jumlah presentase biaya tertentu ditambahkan pada biaya yang menentukan harga. Metode serupa, penetapan harga mark up menghitung markup-markup sebagai presentase harga jual. Dengan penetapan harga mark up, rumus untuk menetukan harga jual : Harga = Biaya rata-rata unit / 1-persen mark up.
Metode-metode penetapan harga yang menggunakan harga pesaing dalam menghitung harga actual meliputi penetapan harga sama dengan atau pada presentase tertentu lebih tinggi atau lebih rendah dari pada harga pesaing.
Pendekatan yang berorientasi pada permintaan, memperkirakan nilai produk pada pembeli. Tujuannya adalah berapa banyak yang ingin dibayar oleh pembeli untuk produk yang didasarkan pada kontribusinya memuaskan kebutuhan atau keinginan pembeli.
Penetapan Kebijakan dan Strategi Penetapan Harga. Kebijakan penetapan harga, dimana harga yang murah merupakan kunci keberhasilan strategi pemasaran perusahaan ditambah dengan jumlah tertentu yang dihasilkan lewat ekspedisi toko secara agresif, Pengendalian yang ketat atau persediaan, Manajemen tidak pernah terlibat dalam penjualan dan untuk membuat agar konsumen datang kembali, karena telah menetapkan harga yang tepat.
Struktur Penetapan Harga. Apabila terdapat lebih dari satu produk, suatu perusahaan harus menentukan hubungan antara bauran produk dan penetapan harga untuk lini produk untuk menetapkan struktur harga. Petunjuk yang dapat digunakan untuk harga untuk lini produk adalah: Tetapkan harga tiap produk dalam kaitannya dengan yang lain, perbedaan yang penting dalam produk harus sama dengan perbedaan nilai yang terlihat. Harga-harga tertinggi dan terendah dalam lini harus ditetapkan sedemikian rupa sehingga membantu terpenuhinya persepsi atau keinginan pembeli. Perbedaan harga di antara produk-produk harus menjadi lebih besar seiring dengan naiknya harga pada lini tersebut.
Pertimbangan penetapan harga khusus seperti Segmentasi harga, harga digunakan dalam beberapa pasar untuk menarik segmen-segmen pasar tertentu. Penetapan harga saluran distribusi, strategi penetapan harga oleh para pabrikan yang menggunakan orang-orang perantara pemasaran mencakup pertimbangan mengenai kebutuhan harga. Fleksibilitas harga, Pertimbangan penting lainnya adalah menentukan kefleksibilitasan harga tersebut, apakah harga itu harga mati ataukah dapatkah dinegosiasikan antara pembeli dan penjual?. Penetapan harga daur hidup produk, sebagian perusahaan mempunyai kebijakan sebagai pedoman penetapan harga daur hidup produk. Tergantung pada tahapannya didalam daur hidup produk, harga suatu produk tertentu atau seluruh lini produk mungkin didasarkan pada pangsa pasar, daya-laba, arus kas, atau tujuan lainnya.
Semoga Bermanfaat Amiinn
Wallahu A'lam Bishowab.
0 komentar:
Posting Komentar