Sabtu, 02 Maret 2019

PEMILIHAN STRATEGI PENETAPAN HARGA

Pertimbangan dalam pemilihan strategi penetapan harga adalah : Menentukan fleksibilitas harga,  Memutuskan bagaimana memposisikan harga dikaitkan dengan biaya dan apakah hal itu dapat digunakan sebagai dasar untuk menentukan harga, Memilih strategi bersaing dan penentuan posisi.

Penentuan Posisi dan Visibilitas Harga, Perusahaan-perusahaan dapat menggunakan suatu harga yang relative rendah dengan tujuan volume bangunan dan posisi pasar , atau manajemen dapat menetapkan suatu harga tinggi untuk menghasilkan marjin laba yang besar.

Beberapa factor mungkin mempengaruhi suatu pilihan pendekatan terhadap sebuah produk baru, antara lain biaya dan usia produk, tanggapan pembeli terhadap perubahan harga dan penilaian tentang reaksi persaingan.

Strategi Bersaing dan Penentuan Posisi antara lain Strategi sangat aktif, strategi ini kadang-kadang digunakan unutk merek-merek bergengsi yang mencari pengaruh. Strategi sangat pasif, barang-barang dengan harga tinggi seringkali dipasarkan dengan menonjolkan factor-factor nonharga ketimbang  dengan menggunakan strategi yang sangat aktif. Strategi kurang aktif, bila harga merupakan factor yang penting, keputusan pembeli, strategi harga yang kurang aktif sangat efektif sebagaimana tampak dalam pesatnya pertumbuhan pengecer-pengecer. Strategi Pasif-rendah, strategi ini mungkin digunakan oleh pabrikan yang produk-produknya mempunyai cirri-ciri biaya yang lebih rendah di banding dengan para pemasok lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar