Senin, 30 Desember 2019

Langkah – Langkah Penyusunan Laporan Keuangan

Langkah - Langkah Penyusunan Laporan Keuangan antara lain yaitu Menuyusun neraca saldo, yaitu suatu daftar rekening - rekening (akun) buku besar dengan saldo debit atau kredit. Neraca saldo ini disusun jika semua jurnal sudah dibukukan ke dalam masing - masing rekeningnya.

Mengumpulkan data yang diperlukan untuk membuat jurnal penyesuaian. Karena beberapa transaksi yang terjadi yang dicatat pada tanggal terjadinya itu masih tidak sesuai dengan keadaan pada akhir periode.

Menyusun neraca lajur (daftar kerja). Neraca lajur merupakan suatu cara untuk memudahkan penyusunan laporan - laporan keuangan. Penyusunan neraca lajur dimulai dari neraca saldo dan diseuaikan dengan data yang diperoleh dari langkah nomor 2 diatas.

Menyusun laporan keuangan. Laporan keuangan ini adalah neraca, lapran laba rugi, dan laporan perubahan model, serta laporan - laporan lainnya. Laporan - laporan tersebut dapat disusun langsung dari neraca lajur, karena dalam neraca lajur sudah dipisahkan jumlah - jumlah yang akan dilaporkan dalam neraca atau laporan laba rugi.

Menyesuaikan dan menutup - menutup rekening - rekening. Data yang diperoleh dalam langkah nomor 2 dipakai sebagai dasar untuk membuat jurnal penyesuaian yang perlu dan kemudian dibukukan ke rekening- rekening dalam buku besar. Sesudah rekening – rekening disesuaikan, berikutmya adalah membuat jurnal penutupan buku.

Menyusun neraca saldo sesudah penutupan. Sesudah jurnal penyesuaian dan penutupan buku, dibukukan ke masing - masing rekeningnya untuk mengecek keseimbangan debit dan kredit rekening - rekening yang masih terbuka dibuat neraca saldo sesudah penutupan.

Menyesuaikan kembali rekening - rekening. Jurnal penyesuaian kembali dibuat pada hari pertama periode berikutnya dengan maksud untuk memudahkan pembuatan jurnal periode berikutnya.

Sumber : Zaki Baridwan, Intermediate Accounting, (Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2015), hlm 63.

0 komentar:

Posting Komentar